Mendapati adanya karat pada besi perabotan rumah tentu saja membuat Anda merasa resah. Pada dasarnya, munculnya karat ini terjadi akibat adanya reaksi kimia pada besi. Meski begitu tetap saja karat tersebut menjadikan perkakas atau perabotan rumah menjadi tidak sedap dipandang. Ya, ini artinya Anda harus segera mencari toko yang jual cairan penghilang karat untuk mengatasinya.


Secara kasat mata besi terlihat seperti benda yang kuat. Benar, strukturnya memang kuat, namun unsur besi itu sendiri juga memiliki kelemahan. Sehingga wajar apabila suatu ketika Anda menemukan besi yang berkarat. Karat pada besi ini semakin lama akan menyebar dan membuat struktur besi menurun. Alhasil besi bisa keropos dan mudah patah. Lebih dari itu, karat pada besi juga tidak baik untuk kesehatan. 

Mencegah Munculnya Karat Pada Besi
Apabila karat pada besi tersebut masih tergolong sedikit, ada baiknya Anda memang berupaya menghilangkan karat saja. Tidak perlu membeli perabotan atau perkakas yang baru. Terlebih jika perkakas tersebut harganya mahal. Selain itu, pastikan untuk tetap merawat perabotan atau perkakas lainnya dengan baik agar tidak berkarat.

Lantas bagaimana cara mencegah munculnya karat pada perabotan atau perkakas yang terbuat dari besi? Berikut ulasan lengkapnya.

     1.    Olesi besi dengan oli
Untuk mencegah munculnya karat pada besi, Anda disarankan untuk mengolesi besi dengan oli. Hal ini karena minyak oli ini memiliki sifat anti-air sehingga membantu mencegah besi terkena air. Anda hanya perlu mengoleskan cairan oli ini pada perkakas-perkakas yang terbuat dari besi.

     2.    Olesi besi dengan cat khusus
Cara lain yang bisa diterapkan untuk mencegah munculnya karat adalah dengan mengolesi besi menggunakan cat khusus. Pilihlah cat yang mengandung zat-anti karat. Cukup oleskan cat ini pada permukaan besi. Sebaiknya diolesi sebanyak dua lapisan agar besi lebih awet.

     3.    Simpan perkakas di tempat yang aman
Akibat sering terkena air hujan, perkakas atau perabotan yang terbuat dari besi akan lebih mudah berkarat. Oleh karena itu jangan meletakkan perkakas tersebut di tempat yang rawan terkena air. Simpanlah perkakas di tempat atau di ruangan yang kering. Hal ini karena ketika perkakas yang terbuat dari besi diletakkan di tempat yang lembab, maka akan memicu munculnya karat.

     4.    Lapisi besi dengan senyawa logam
Hal lain yang dapat dilakukan untuk mencegah munculnya karat pada besi adalah dengan melapisi besi menggunakan senyawa logam dan non-logam. Cara ini sangat mudah diterapkan karena metodenya sama seperti ketika melapisi besi dengan cat.

Senyawa logam yang bisa dimanfaatkan adalah platina, perak, emas, tembaga, timah, dan nikel. Sementara itu, senyawa non-logam yang bisa dimanfaatkan adalah kaca, cat, plastik maupun pelumas lainnya.

Demikianlah 4 cara mencegah munculnya karat pada besi yang dapat Anda terapkan. Perkakas atau perabotan berbahan besi memang banyak dipilih karena strukturnya lebih kuat dibandingkan bahan lainnya, namun jika tidak dirawat dengan benar maka memungkinkan munculnya karat pada besi. 

Oleh karena itu upayakan untuk merawat perkakas atau perabotan berbahan besi dengan benar. Akan tetapi, jika saat ini sudah ada perkakas yang berkarat, ada baiknya Anda segera mencari toko yang jual cairan penghilang karat lalu membelinya. Jangan menunda mengatasi besi yang berkarat karena jika dibiarkan bisa menyebar dan membuat besi menjadi keropos. 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar

 
satelliteray © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger Shared by Themes24x7
Top