Perkara mendeteksi saluran pipa air rumah yang bermasalah merupakan satu pekerjaan yang susah-susah gampang. Alasan di balik semuanya adalah karena letak pipa yang tertanam di dalam tanah atau di dalam tembok. Kerumitan yang luar biasa inilah yang akhirnya mengharuskan Anda memanggil tukang pipa.
Ketika Anda ingin memperbaikinya sendiri, artinya Anda harus benar-benar mengetahui dimana letak kebocoran pipa. Tidak hanya itu saja, setelah mengetahui dimana letak kebocoran hal yang harus dilakukan adalah membongkar tembok untuk memperbaikinya.

Inilah ulasan mengenai penyebab pipa air di rumah Anda selalu bocor, hingga cara tepat untuk menanggulanginya serta  mencegahnya.

Sambungan Setiap Pipa yang Sudah Usang
Kondisi pipa yang sudah usang bisa menjadi alasan pertama mengapa pipa di rumah Anda selalu bocor. Beberapa arsitek dan desainer rumah mengutarakan bahwa maksimal umur pipa adalah 5 tahun, lebih dari itu seharusnya sudah diganti dengan yang baru. Jadi segera bersihkan dan cek beberapa pipa yang rawan mengalami kebocoran. Terlebih lagi jika usia pipa lebih dari 5 tahun.

Pipa bocor yang diakibatkan dari pipa yang sudah usang, berkarat dan akhirnya bocor akibat terkena tekanan pipa air. Jika terdapat tanda bercak di tembok Anda, bersegeralah untuk mengecek pipa.

Plester Tembok atau Dinding Rumah yang Mulai Rusak
Pipa yang ditanam di dalam tanah ataupun di dalam tembok rumah beresiko mengalami kebocoran. Kebocoran tersebut diakibatkan oleh plester tembok atau dinding rumah yang kurang bagus kualitasnya. Untuk itu plester ulang tembok yang mulai rusak agar kebocoran bisa segera diatasi.
  
Kesalahan dalam Pemasangan
Umumnya pemasangan pipa dilakukan saat membangun rumah. Kesalahan yang sering terjadi ialah kurangnya kerapatan pada sambungan pipa. Hal ini disebabkan oleh kualitas pipa yang kurang bagus atau bisa disebabkan oleh masalah konstruksi.

Saat pemasangan pipa biasanya tukang bangunan menginjak-injak pipa tersebut. Jadi apabila kualitas pipa kurang baik atau memiliki kekuatan yang ringan maka dalam jangka waktu yang tidak lama pipa tersebut bisa bocor dan rusak. Biasanya kebocoran pada pipa terjadi secara berurutan, dimulai dari satu titik yang nantinya bisa merampat pada titik-titik lainnya.

Masalah yang sering terjadi pada kebocoran pipa adalah masalah pada pemasangan. Perhatikanlah dengan baik-baik ketika proses pemasangan pipa apakah terjadi kebocoran atau tidak.

Penyumbatan yang Terjadi Pada Pipa
Kebocoran juga bisa diakibatkan oleh penyumbatan pada pipa. Tidak bersih saat membersihkan pipa dapat menyebabkan penyumbatan. Terkadang air yang berasal dari PDAM juga keruh tidak selamanya bersih. Air keruh inilah yang menyebabkan penyumbatan ketika Anda tidak rajin membersihkan pipa.

Kualitas Pipa yang Kurang Bagus
Inilah alasan terakhir mengapa pipa air di rumah Anda selalu bocor, yakni kesalahan dalam memilih kualitas pipa. Anda akan menemui berbagai jenis pipa yang dijual ketika datang ke toko bangunan. Mulai dari pipa yang harganya murah hingga jenis pipa yang mahal. Sudah pasti pipa yang harganya mahal seimbang dengan kualitasnya yang bagus, begitu juga sebaliknya.

Itulah beberapa alasan mengapa pipa air di rumah Anda selalu bocor, pastikan mengetahui penyebabnya dengan benar sebelum memperbaikinya. Namun apabila kebocoran sangat parah ada baiknya Anda memita bantuan jasa tukang pipa yang sudah berpengalaman dan ahli dalam hal perpipaan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
satelliteray © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger Shared by Themes24x7
Top