Mudik ini jadi hal yang sangat menyenangkan, khususnya bagi Anda yang sedang merantau untuk masa depan yang lebih baik. Bekerja di luar kota atau provinsi misalnya. Momen lebaran menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu, bahkan lebaran masih lama pun mudik sudah harus dipersiapkan. Perihal biaya, Anda bisa mengandalkan KTA online.

KTA online menjadi pilihan ketika Anda tidak memiliki budget lebih untuk menyambut datangnya momen mudik dan lebaran. Jangan sampai Anda tidak melakukan perjalanan mudik hanya karena tidak memiliki ongkos. Selalu ada solusi dalam setiap masalah, dan solusi ketika Anda tidak memiliki tabungan Hari Raya, mengajukan KTA online adalah alternatif terbaik.
Inilah beberapa persiapan mudik lebaran 2018 yang perlu diperhatikan.
Transportasi mudik Andalan
Ada dua pilihan transportasi yang bisa Anda gunakan ketika mudik yakni menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti kereta api, bis, kereta api, pesawat, dan kapal. Semuanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Kalau Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa lebih bebas untuk berhenti dan bisa jadi sambil jalan-jalan menikmati perjalanan. Akan tetapi tidak kalah enaknya pula kalau menggunakan kendaraan umum, Anda bisa punya banyak waktu untuk istirahat dan tidak terlalu capek.
Nah kalau Anda memutuskan untuk menggunakan kendaraan umum, sebaiknya tiket dipesan sebulan sebelumnya agar tidak kehabisan tiket.

List barang
Ini yang nggak kalah penting dilakukan setelah Anda memesan tiket. Anda harus list barang apa saja yang akan dibawa pulang. List ini akan menghindarkan Anda dari kemungkinan barang ketinggalan. Sebaiknya packing dilakukan H-3 sebelum keberangkatan. Cek barang bawaan Anda dari yang paling penting, penting, dan biasa.

Kebutuhan uang tunai
Jangan kaget kalau ketika lebaran uang ATM habis, jadi Anda tidak bisa memanfaatkan ATM yang ada disekitar. Maka dari itu persiapkan uang tunai sebelum ada mudik, akan tetapi uang tunai secukupnya saja. Selain itu Anda bisa memanfaatkan KTA online jika tabungan Hari Raya masih belum cukup untuk mengcover kebutuhan ramadhan hingga lebaran.

Cek kendaraan pribadi
Ketika memilih membawa kendaraan pribadi, Anda harus cek terlebih dahulu. Selain itu persiapkan asuransi kendaraan, dan usahakan yang memberikan proteksi lengkap terkait kecelakaan. Ini bukan berarti Anda menginginkan kecelakaan dalam perjalanan. Akan tetapi ini adalah bentuk antisipasi kalau terjadi hal yang tidak  diinginkan.

Kalau Anda memilih kendaraan umum, Anda juga perlu menyiapkan asuransi perjalanan. Hal ini karena proteksinya bisa melindungi dari hal yang tak terduga. Seperti keterlambatan jadwal perjalanan, kehilangan barang bawaan di bagasi, gangguan kondisi medis di perjalanan, hingga kecelakaan.

Perlengkapan P3K
Persiapkan obat-obatan Anda sesuai yang dibutuhkan. Apalagi untuk Anda yang memiliki penyakit-penyakit khusus, ini harus benar-benar diperhatikan. Selain itu cek masa kadaluarsa obat-obat yang akan dibawa. Hal ini juga berlaku untuk Anda yang menggunakan kendaraan umum, meskipun tempat obatnya harus lebih kecil dan praktis jadi mudah Anda bawa.

Hiburan
Perjalanan mudik akan memakan waktu berjam-jam dan pastinya akan membuat Anda bosan. Apalagi kalau terkena macet. Maka dari itu, ada baiknya Anda membawa buku bacaan seperti novel sesuai favorit. Jika tidak suka membaca, Anda bisa download film yang nantinya bisa ditonton selama perjalanan. Selain itu Anda juga bisa memutar musik yang membuat bahagia dan nyaman selama perjalanan.

Dari hal-hal di atas, mungkin Anda bisa menambahkan sesuai kebutuhan Anda. Jangan meremehkan untuk mempersiapkan perjalanan mudik lebaran 2018 kali ini, termasuk persiapan dana melalui Tunaiku. Jangan mempersiapkannya secara mendadak jika tak ingin kelabakan bahkan KTA online bisa gagal mudik. Semoga mudik lebaran tahun ini menyenangkan dan membahagiakan ya!


0 komentar:

Posting Komentar

 
satelliteray © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger Shared by Themes24x7
Top