Bisa tinggal di hunian yang bagus dan bersih tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi kita. Ketika hunian tersebut terjaga kebersihan dan keamanannya, maka sudah pasti kita dapat tinggal di dalamnya dengan tenang dan nyaman. Tapi karena dimakan usia, wajar apabila dalam periode tertentu ada beberapa bagian rumah yang harus direnovasi dengan bantuan kredit renovasi rumah.

Renovasi rumah dilakukan tanpa perlu menunggu kondisi rumah ‘tak layak pakai’. Merenovasi rumah dapat dilakukan saat ada bagian-bagian rumah yang mulai rusak. Lagi pula merenovasi rumah dalam skala kecil ini justru lebih menghemat pengeluaran dibandingkan renovasi rumah dengan skala besar. 

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melakukan renovasi rumah? Berikut adalah 5 hal yang harus kamu siapkan sebelum renovasi rumah.

1. Buat perencanaan yang matang

Renovasi dalam skala kecil atau besar tetap membutuhkan perencanaan. Sebab keduanya sama-sama penting dan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Jadi, sebelum memutuskan untuk melakukan renovasi rumah ada baiknya kamu mengajak seluruh anggota keluarga untuk berdiskusi. Bersama-sama membuat perencanaan terkait renovasi rumah yang akan dilakukan. Berkonsultasilah dengan yang lebih ahli apabila menemukan kendala.

2. Siapkan budget untuk renovasi

Budget sangat berpengaruh terhadap renovasi rumah yang akan dilakukan nanti. Untuk itu coba cek kembali saldo tabungan kamu. Kalaupun kurang, kamu dapat mengandalkan kredit renovasi rumah. Meski begitu tidak ada salahnya kamu pergi ke beberapa toko bangunan untuk survei harga bahan-bahan bangunan. 

Jika mengetahui kisaran harga bahan-bahan bangunan tersebut kamu bisa membuat gambaran akan budget yang nantinya harus disiapkan untuk membeli semua bahan bangunan yang dibutuhkan. Belum lagi jika nanti membeli bahan bangunan dalam jumlah banyak, tentu saja kamu berkesempatan mendapatkan harga diskon. Itu artinya, alokasi dana untuk renovasi dapat diminimalisir.

3. Menentukan sumber dana untuk renovasi

Dalam hal ini kamu dihadapkan pada dua pilihan, apakah ingin menggunakan dana pribadi yang selama ini ditabung atau memilih dana dari kredit tanpa agunan online. Perihal ini sebenarnya dikembalikan ke kondisi keuangan kamu. Apabila uang tabungan sudah disiapkan untuk kebutuhan lain, maka tidak ada salahnya jika memilih menggunakan dana kredit renovasi rumah.

4. Tentukan Lama Pengerjaan Renovasi

Lama tidaknya proses renovasi ini juga mempengaruhi biaya yang harus dikeluarkan. Jika pengerjaannya lambat, bukan tidak mungkin kamu harus membayar mahal upah untuk tukang bangunan. Namun sebaliknya, jika proses renovasi dilakukan dengan cepat, maka pengeluaran dapat ditekan. Untuk itu sebaiknya kamu menentukan durasi pengerjaan renovasi tersebut. 

Dalam menentukan durasi renovasi, pastikan kamu tetap logis ya. Jangan asal menentukan durasi renovasi hanya karena ingin berhemat. Konsultasikan dengan arsitek atau tukang bangunan yang telah dipilih untuk mengurus proyek renovasi rumah tersebut.

5. Pilih tenaga kerja profesional

Tujuan dilakukannya renovasi adalah untuk membuat rumah kembali seperti baru. Dan ini menjadi PR bagi tenaga kerja atau arsitek yang nantinya kamu tunjuk. Oleh karena itu agar hasil renovasi rumah rapi dan sesuai dengan harapan, pastikan pula kamu memilih tenaga profesional.


Demikian tadi 5 hal yang perlu kamu persiapkan sebelum renovasi rumah. Untuk mendapatkan hunian yang nyaman tidak serta merta mudah. Karena itu pastikan pula kamu membuat perencanaan yang baik dan memilih tenaga profesional agar renovasi rumah menghasilkan rumah yang lebih fresh dan nyaman dibandingkan sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
satelliteray © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger Shared by Themes24x7
Top